Senin, 19 April 2010

View Movie Enemy At The Gates


Udah pada nonton film Enemy At The Gates yang bercerita tentang sniper legendaris dari Rusia pada saat Hitler ingin menduduki kota Stangilard Rusia? Dalam film ini bisa dibilang sniper tersebut adalah sniper pertama dari Rusia yang bernama Vassili Zaitsev. Dan sampai sekarang rifle sniper Vassili masih ada di museum di Rusia

Film ini bermula dari seorang anak rusia yang sedang membidik seekor serigala yang sedang mengintai kuda yang dijadikan umpan. Berlanjut dengan wajib militer Rusia dengan mengirimkan pemuda-pemuda dari seantero Rusia untuk menahan pasukan Nazi Jerman yang ingin menduduki kota Stalingard. Dimana kota ini merupakan simbol bagi rakyat Rusia dengan pemimpinnya waktu itu Stalin. Menit pertama film ini kita sudah disajikan adegan perang membabi buta dari kedua belah pihak. Pemuda-pemuda tadi keluar dari gerbong kereta api langsung berhamburan ke medan perang. Terasa lebih baik jika medan perangnya langsung daratan dan berhadapan langsung. Di film ini mereka harus menyebrang dengan perhau terlebih dahulu. Alhasil mereka pun dibombardir oleh pesawat-pesawat tempur dan meriam Jerman. Vassili Zaitsev salah satunya tapi disini dia memainkan karakter yang begitu tenang. Banyak rekan-rekannya yang tewas saat penyebrangan. Setelah sampai ke darat mereka dijatah untuk memegang rifle/senapan dan peluru, Vassili pun mendapat jatah memegang amunisi. Nah disinilah pembantaian terjadi. Mereka dipaksa maju kemedan perang, dan yang tidak mau langsung ditembak ditempat. Mereka kalah perlengkapan senjata. Mereka pun mundur. Mirisnya, yang mundur pun tidak selamat. Mereka dibunuh oleh atasan mereka sendiri karena dianggap pengecut.

Kemanakah Vassili?? Ternyata setelah tembak menembak mereda dia pura-pura mati diantara mayat tentara Rusia di dalam taman pancuran air. Ada satu orang tentara lainnya yang pura-pura mati juga dari bagian politik Rusia. Setelah tenang, salah seorang tentara ini, Danilov, ingin mencoba menembak perwira Jerman yang akan sedang mandi di seberang bangunan. Kemudian dia menyerahkan senapannya ke Vassili. Dengan ketenangan Vassili dan insting membunuhnya juga kepandaiannya memilih waktu menembak, perwira tersebut mati begitu juga para pengawalnya yang berjumlah 4 orang.

Akhirnya, oleh Danilov, Vassili diperkenalkan oleh Perwira atas Rusia dan berita tentang Vassili disebarkan melalui pamflet Rusia. Akhirnya pihak Rusia merasa diatas angin karena Vassili berhasil membunuh perwira-perwira Jerman. Tentara Rusia pun banyak yang belajar menjadi sniper kepada Vassili.

Hal ini membuat pihak Jerman gerah dan mendatangkan seorang perwira yang ahli sniper juga. Perwira ini bernama Mayor Konig yang merupakan trainer sniper di tentara Jerman. Dari sinilah permainan taktik, insting membunuh, dan strategi diantara Mayor Konig dan Vassili dimulai.

Kisah cinta segitiga terjadi antara Vassili, Danilov dan Tania. Film ini menyajikan tragedi perang yang menyedihkan, kisah cinta yang dramatis, rasa cinta pada bangsa dan negara, dan pembalasan dendam.

Untuk penyuka film war action, recommended deh film ini ; )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar